Bahasa Misterius Yang Membuat Intelijen Amerika Menyerah

Laporan Dari Intelejen Security Amerika Serikat

- Beberapa tahun terakhir sempat menyebar sensasi terkuaknya dokumen rahasia Amerika. Meski masalah ini dianggap selesai, masih ada sepenggal "misteri" yang belum terpecahkan.

Intelijen secanggih Amerikapun tak bisa memecahkan kode sandi dari Indonesia. Menurut dokumen-dokumen rahasia yang didapat oleh Wikileaks, badan inteligen Amerika Serikat CIA & badan keamanan nasional. Amerika Serikat, NSA pernah menangkap beberapa pesan singkat (SMS) dari dan ke Indonesia.

Pesan-pesan tersebut mempunyai traffic yang cukup besar. Pesan-pesan tersebut membuat mereka curiga karena semua pesan singkat itu penuh dengan sandi yang berisi kode angka, huruf dan simbol. Sekilas kode-kode tersebut terlihat sederhana. Namun, para ahli kriptografi (ahli sandi) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat-kalimatnya pendek. Kata-katanya jauh lebih singkat, tidak senormal singkatan atau istilah yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, Intelijen Amerika melakukan penelitian seksama ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain (portmanteaux). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia standar, juga tidak termasuk dlm 742 bahasa daerah dan dialek yang ada di Indonesia. Ini hampir sama seperti penggunaan bahasa Navajo dalam Perang Dunia II.

Hanya saja pesannya ditulis dengan mesin Enigma (alat sandi yang digunakan Nazi Jerman ketika perang dunia II) yang kodenya bisa terpecahkan meski bahasa yang
mereka gunakan belum tentu dapat dimengerti.

Berbeda dengan kode sandi bahasa Indonesia yang rumit ini. Intelijen Amerika yang menyelidiki pesan-pesan itu menyatakan: â??Pesan berisi kode yang dikirimkan lewat jalur SMS membuktikan bahwa orang tersebut yakin bahwa kodenya tidak mudah untuk dipecahkan. Setidaknya setiap kode informasi yang dikirim, kode tidak valid lagi sangat sulit dinyatakan valid sehingga kode tersebut harus dipecahkan secepatnya karena bisa mengancam keamanan nasionalâ??.

Pernyataan tersebut berada dalam sebuah laporan di salah satu dokumen yang didapat oleh Wikileaks.

Berikut isi pesan tersebut :
cOâ??nA cMa qMo YaNk Co WaD qHo cYuM"qTaH gAg mKeN dIEMâ??aN gNe tOh???!? k4mmuhdi m4nn4seehhh ? "p3yut m8ule5shh,my mumM" m0 m4kan pa yuuu4ahahh?"


0 Response to "Bahasa Misterius Yang Membuat Intelijen Amerika Menyerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel