5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern
5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern - cara mempertahankan pelanggan berdasarkan para andal - cara mempertahankan pelanggan usang - cara menarik dan mempertahankan pelanggan - cara mempertahankan loyalitas pelanggan - cara mempertahankan pelanggan biar tetap loyal - bagaimana perusahaan sanggup menarik sekaligus mempertahankan pelanggan - cara mempertahankan pelanggan administrasi pemasaran
Bagaimana cara Anda MEMPERTAHANKAN CUSTOMER? Tujuan dari mempertahankan customer ialah biar mereka memakai produk dan jasa kita dengan frekwensi yang lebih: LEBIH SERING dan LEBIH BANYAK. Dengan kata lain, sangat penting membangun LOYALITAS mereka biar tetap bertahan beli produk di bisnis kita. Tujuan lain dari Keeping Customer ialah mengubah dari buyer menjadi customer, dan mengubah customer menjadi member.
Buyer ialah first customer. Mereka yang membeli untuk pertama kalinya produk kita Customer ialah mereka yang sudah melaksanakan repeat order dalam membeli produk kita. Customer PASTI buyer, tapi buyer belum tentu customer.
1. MEMBERSHIP
Buatlah kartu anggota. Melalui kartu anggota kita sanggup menunjukkan banyak sekali variasi dari kegiatan loyalitas, entah berbentuk diskon atau sistem poin atau kombinasi lainnya.
Pemberian kartu anggota dengan banyak sekali macam manfaat yang terkandung di dalamnya memang terbukti menciptakan seorang customer agak Sayang kalau tidak membeli ke daerah semula. Contoh bisnis yang memakai taktik membership ini ialah Matahari, Metro, Alfamart, dll.
2. POINT REWARD
Sistem poin intinya ialah derma poin tertentu untuk setiap pembelanjaan sejumlah tertentu. Poin yang dikumpulkan sanggup ditukarkan dengan hadiah yang menarik. Contoh bisnis yang memakai taktik point reward ini ialah MLM, Hero, operator seluler, hotel, dll.
3. SPECIAL DISCOUNT
Harus diakui bahwa orang Indonesia itu abnormal diskon. Diskon harga masih menjadi salah satu cara paling gampang untuk mempertahankan customer. Hanya saja, sebagai pengusaha kita perlu hati-hati untuk tidak terlalu sering memakai taktik ini alasannya ialah sanggup memperkecil profit. Diskon khusus sanggup kita berikan kepada customer kalau ada momen-momen yang special dan tepat, contohnya menyambut lebaran, natal, tahun baru, dll.
4. EXCLUSIVE OFFERING
Penawaran khusus selalu jadi jurus ampuh untuk menciptakan perbedaan antara customer usang dan customer baru. Disinilah pentingnya kita mempunyai DATABASE CUSTOMER. Kita akan jadikan customer usang kita sebagai sasaran market utama kita. Kita berikan penawaran khusus kepada mereka yang tidak akan didapatkan oleh customer lain yang belum menjadi member.
5. GROUP BUYING
Pembelian dalam bentuk paket ini banyak sekali macam, misalnya:
“Kalau beli 1 Rp 25.000, tapi kalau beli 3 Rp 70.000 aja, Mas”
“Beli banyakan aja, mba. Beli 10 GRATIS 1, lho”
“Khusus hari ini, kalau belanja minimal Rp 350.000 nanti sanggup hadiah tas,
Bu”
Strategi ini sanggup sangat efektif kalau kita menggunakannya dengan baik. Misalnya kalau bisnis Anda salon khusus wanita, kalau customer berhasil membawa temannya tiba (yang belum pernah tiba sebelumnya), maka ia akan mendapat harga khusus.
Jelas customer akan tertarik, alasannya ialah biasanya perempuan memang lebih suka mengajak temantemannya pergi ke salon bersama. Atau missal bisnis Anda bimbingan belajar, kalau customer berhasil mengajak temannya gabung, maka beliau akan mendapat cashback, dll.
Bagaimana cara Anda MEMPERTAHANKAN CUSTOMER? Tujuan dari mempertahankan customer ialah biar mereka memakai produk dan jasa kita dengan frekwensi yang lebih: LEBIH SERING dan LEBIH BANYAK. Dengan kata lain, sangat penting membangun LOYALITAS mereka biar tetap bertahan beli produk di bisnis kita. Tujuan lain dari Keeping Customer ialah mengubah dari buyer menjadi customer, dan mengubah customer menjadi member.
BUYER → CUSTOMER
Buyer ialah first customer. Mereka yang membeli untuk pertama kalinya produk kita Customer ialah mereka yang sudah melaksanakan repeat order dalam membeli produk kita. Customer PASTI buyer, tapi buyer belum tentu customer.
1. MEMBERSHIP
Buatlah kartu anggota. Melalui kartu anggota kita sanggup menunjukkan banyak sekali variasi dari kegiatan loyalitas, entah berbentuk diskon atau sistem poin atau kombinasi lainnya.
Pemberian kartu anggota dengan banyak sekali macam manfaat yang terkandung di dalamnya memang terbukti menciptakan seorang customer agak Sayang kalau tidak membeli ke daerah semula. Contoh bisnis yang memakai taktik membership ini ialah Matahari, Metro, Alfamart, dll.
2. POINT REWARD
Sistem poin intinya ialah derma poin tertentu untuk setiap pembelanjaan sejumlah tertentu. Poin yang dikumpulkan sanggup ditukarkan dengan hadiah yang menarik. Contoh bisnis yang memakai taktik point reward ini ialah MLM, Hero, operator seluler, hotel, dll.
3. SPECIAL DISCOUNT
Harus diakui bahwa orang Indonesia itu abnormal diskon. Diskon harga masih menjadi salah satu cara paling gampang untuk mempertahankan customer. Hanya saja, sebagai pengusaha kita perlu hati-hati untuk tidak terlalu sering memakai taktik ini alasannya ialah sanggup memperkecil profit. Diskon khusus sanggup kita berikan kepada customer kalau ada momen-momen yang special dan tepat, contohnya menyambut lebaran, natal, tahun baru, dll.
4. EXCLUSIVE OFFERING
Penawaran khusus selalu jadi jurus ampuh untuk menciptakan perbedaan antara customer usang dan customer baru. Disinilah pentingnya kita mempunyai DATABASE CUSTOMER. Kita akan jadikan customer usang kita sebagai sasaran market utama kita. Kita berikan penawaran khusus kepada mereka yang tidak akan didapatkan oleh customer lain yang belum menjadi member.
5. GROUP BUYING
Pembelian dalam bentuk paket ini banyak sekali macam, misalnya:
“Kalau beli 1 Rp 25.000, tapi kalau beli 3 Rp 70.000 aja, Mas”
“Beli banyakan aja, mba. Beli 10 GRATIS 1, lho”
“Khusus hari ini, kalau belanja minimal Rp 350.000 nanti sanggup hadiah tas,
Bu”
Strategi ini sanggup sangat efektif kalau kita menggunakannya dengan baik. Misalnya kalau bisnis Anda salon khusus wanita, kalau customer berhasil membawa temannya tiba (yang belum pernah tiba sebelumnya), maka ia akan mendapat harga khusus.
Jelas customer akan tertarik, alasannya ialah biasanya perempuan memang lebih suka mengajak temantemannya pergi ke salon bersama. Atau missal bisnis Anda bimbingan belajar, kalau customer berhasil mengajak temannya gabung, maka beliau akan mendapat cashback, dll.
0 Response to "5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern"
Post a Comment