9 Cara Menarik Pelanggan Banyak Biar Membeli Produk Kita
9 Cara Menarik Pelanggan Banyak biar Membeli Produk Kita - cara mendapatkan customer yang banyak Membeli Produk Kita - cara mencari pelanggan lewat internet - cara memikat pelanggan dalam berdagang - cara mendapatkan pelanggan banyak di facebook - cara menarik pelanggan biar membeli produk kita - cara mencari pelanggan dalam berdagang - cara menarik pelanggan biar tertarik - cara meyakinkan konsumen biar membeli produk kita - cara menghipnotis konsumen untuk membeli produk kita - cara memikat pelanggan dalam berdagang
Saya akan bahas Bagaimana cara kita MENDAPATKAN CUSTOMER. Tujuannya yaitu biar banyak orang yang TAHU dan BELI produk kita. Tujuan lain dari Getting Customer ini yaitu mengubah SUSPEK jadi PROSPEK, kemudian mengubah PROSPEK jadi BUYER.
• Suspek yaitu mereka yang tidak tahu sama sekali wacana produk kita, tapi menjadi sasaran market kita.
• Prospek yaitu mereka yang sudah tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, tapi BELUM BELI.
• Buyer adalah mereka yang tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, butuh dengan produk kita, dan BELI untuk yang pertama kalinya.
Dalam bahasan kali ini, untuk mempermudah pemahaman, Saya akan mengubah kata “BUYER” menjadi “FIRST CUSTOMER”. Ada banyak cara bagaimana kita sanggup mendapatkan first customer. Diantara banyak cara tersebut, Saya akan bagikan 9 yang sanggup eksklusif Anda praktekkan dalam bisnis Anda, diantaranya:
1. ADVERTISING (Iklan)
Bagi Anda yang kelebihan uang, Anda sanggup gunakan seni administrasi ini untuk mendapatkan first customer. Kenapa Saya katakan kelebihan uang? Karena biasanya untuk beriklan kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.
Sedangkan sebagai pengusaha, kita ingin biar biaya marketing sekecil-kecilnya, efeksebesar-besarnya. Betul? Itulah yang disebut biaya akuisisi.
Biaya akuisisi yaitu biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan satu customer baru. Misalnya, biaya marketing Anda Rp 1.000.000.
Melalui iklan yang Anda gunakan, sehabis diukur ternyata hanya menghasilkan 4 first customer. Artinya, biaya akuisisi Anda yaitu Rp 250.000. Paham? Itulah biaya akuisisi.
Dalam beriklan, biaya akuisisi Anda biasanya akan membengkak. Karena Anda harus mengeluarkan uang untuk jasa iklan, yang terkadang iklan tersebut belum tentu berdampak pada penjualan.
Betul tidak? Tapi walaupun begitu, bagi Anda yang sudah jago dalam menciptakan konten iklan, dan mempunyai cukup uang, lakukanlah seni administrasi ini. INGAT! iklan yaitu INVESTASI. Maka kuncinya yaitu TES dan UKUR. Kalau memang menghasilakn maka LANJUTKAN, namun kalau tidak berdampak
TINGGALKAN.
Anda sanggup beriklan di beberapa media, di antaranya adalah:
• Koran lokal,
• Koran harian,
• Televisi,
• Radio,
• Majalah, dll.
Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam beriklan?
A. COPYWRITING
Suatu bentuk kesatuan berupa goresan pena yang sanggup pertanda atau menjelaskan produkatau jasa yang Anda tawarkan.
B. HEADLINE
Merupakan salah satu faktor TERPENTING biar iklan Anda sanggup menarik dan memperlihatkan hasil yang optimal. Headline yang baik bukan yang fokus pada produk, tapi fokus pada benefit/value yang diberikan produk.
Bayangkan ada pedagang asongan yang teriak-teriak di jalan, “Koran, koran, koran!” “Koran, koran, koran!” “Koran, koran, koran!” Dan ada satu pedagang lagi berteriak, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”.
Mana yang lebih menarik? Dan mana kira-kira koran yang lebih laku?
2. BROSUR
Brosur ini paling baik dipakai sebagai ALAT BANTU PENJUALAN. Kenapa? Karena sebagian besar orang hanya akan memandangi gambarnya kemudian membuang brosur itu. Mungkin Anda pun ketika mendapatkan brosur akan melaksanakan hal demikian.
Betul? Kecuali topik utama brosur Anda menarik dan memang membutuhkan keputusan yang besar (seperti bisnis jual mobil, rumah, investasi, dll), brosur sanggup menjadi semacam penunjang atau alat bantu yang Anda butuhkan selama proses penjualan produk tersebut.
Pesan Saya sih, jangan jadikan brosur sebagai rujukan Anda dalam menjual. Brosur hanya alat bantu.
3. INTERNET/WEB/SOCIAL MEDIA
Tidak perlu ditanya lagi, di kala isu ini, mendapatkan first customer dari internet/web/social media sudah hal biasa. Bahkan, dikala ini bisnis-bisnis lebih ulet dalam melaksanakan promosi lewat internet daripada konvensional. Inipun harus Anda lakukan.
Bagaimana caranya? Saya tidak akan membahasnya
disini, hehehe... Satu hal yang harus Anda pahami bahwa psikologi customer disaat melaksanakan promosi offline dan online itu BERBEDA. Belajarlah pada ahlinya dalam melaksanakan pemasaran lewat online.
4. DISTRIBUTOR/AGEN
Disini Anda secara selektif membiarkan produk atau jasa Anda dijual atau dikirimkan melalui individu atau bisnis lain. Cara ini sanggup menjadi cara yang cepat memasarkan produk Anda di tingkat nasional. Tetapi semuanya bergantung pada reputasi distributor atau agen.
Jika mereka melaksanakan kesalahan kepada customer ketika menjual produk Anda, maka Andalah yang kena dampak jeleknya.
Tips :
• Periksa reputasi mereka
• Pastikan win win solution, atau saling menguntungkan
• Periksa apakah mereka mendistribusikan produk yang ibarat yang
mungkin menjadi pesaing Anda
• Tawarkan insentif yang besar untuk mendorong motvasi mereka
5.TELEMARKETING
Ini yaitu cara yang hebat untuk mengatur kesepakatan dan mendapatkan first customer. Pastikan Anda menelepon daftar orang-orang yang akan tertarik (prospek). Pekerjakan orang yang mempunyai bunyi erat dan hening di telepon. Jika mungkin, buatlah script yang sanggup menarik orang.
6. MENULIS BUKU/ E-BOOK
Ini cara yang cepat membangun dapat dipercaya dan sekaligus bersenang - senang. Tokoh-tokoh pengusaha yang sukses dikala ini, contohnya Rangga Umara (owner Pecel Lele Lela), punya buku berjudul DREAM BOOK.
Reza Nurhilman (owner Maicih), punya buku berjudul REVOLUSI PEDAS. Mas Mono (owner Ayam Bakar Mas Mono), punya buku berjudul SEDEKAH DIANTAR. Saptuari Sugiharto
(owner Kedai Digital), punya buku berjudul TWEET SADIZ BIKIN MRINGIS.
Dan masih banyak lagi para pengusaha yang untuk meleverage bisnisnya dengan cara menulis buku. Kalau Saya sementara masih nulis E-Book dulu, hehehe…
7. SEMINAR DAN KEGIATAN
Mengadakan seminar GRATIS atau berbayar yaitu cara yang luar biasa untuk mengumpulkan prospek Anda sekaligus. Tentu saja, hal ini hanya cocok untuk sebagian kecil bisnis, terutama yang mempunyai produk atau jasa informasi.
Promokan seminar, kemudian tindaklanjuti para pesertanya. Supaya seminar ini berdampak luar biasa, Saya sarankan datangkan pembicara yang manis dan menarik untuk menarik first customer.
Pastikan pula tempatnya nyaman. Dan ingat, Anda jangan hanya menjual, tapi juga HARUS memperlihatkan isu yang berkhasiat bagi peserta.
8. WOM (Word of Mouth)
WOM yaitu seni administrasi yang paling ampuh dalam mendapatkan first customer. Apa laba pakai WOM? Pertama, MUDAH. Anda nggak perlu hafal konsep marketing yang rumit. Cukup ingat TPS (Talking – Promoting – Selling).
Pokoknya, kalau mau bisnis sukses, pastikan banyak yang tidak sekedar membicarakan, tapi juga mempromosikan, dan menjual. Dan ini akan dilakukan oleh customer Anda sendiri. Kedua, MURAH. Anda nggak perlu banyak keluar uang, bahkan sanggup GRATIS.
Ketiga, ALAMIAH. Kalo produk dan pelayanan bisnis Anda manis dan memuaskan customer, secara alami customer Anda PASTI akan membicarakan produk Anda ke orang lain. Karenanya, buat sesuatu yang sanggup jadi materi pembicaraan.
Misal:
• Nasi Goreng dengan penawaran menarik “Khusus Ibu Hamil Makan Gratis”
• Warung Pecel Lele Lela memperlihatkan penawaran menarik berupa “Yang Namanya Lela Boleh Makan Gratis Seumur Hidup”
• Warung Steak memperlihatkan penawaran menarik berupa “Yang Ulang Tahun Hari Ini Boleh Makan Sepuasnya”
• Toko sepatu memperlihatkan penawaran menarik berupa “Buy One Get One”
Hal-hal ibarat ini kalau produk dan pelayanannya manis akan jadi bahan
pembicaraan dan berefek WOM.
9. COMMUNITY
Kenapa komunitas?Karena disitu sudah berkumpul banyak orang yang mempunyai minat yang sama. Karenanya bergabunglah dengan komunitas - komunitas yang mempunyai minat yang sama. Sesuai dengan value produk Anda.
Jika 9 hal di atas yaitu seni administrasi yang sanggup Anda gunakan untuk mendapatkan first customer, maka ini yaitu 3 hal yang akan memperbesar tingkat closing-nya:
1. Jaminan tertulis
Anda menciptakan jaminan yang menjawab kekhawatiran utama customer yang membeli dari Anda. Tentukan hal-hal yang ditakutkan customer ketika membeli dari Anda, dan JAMIN kalau hal tersebut tidak akan terjadi. Kalaupun itu terjadi, tawarkan uang penggantian, atau perbaiki yang salah.
2. Tentukan keunikan Anda
Kalau tidak ada hal yang berbeda dari bisnis Anda, orang hanya membeli dari Anda sebab akomodasi atau harga, tidak lebih dari itu.
3. Cetak daftar manfaat dan testimoni
Cetak daftar manfaat dari produk yang Anda jual. Edukasi customer dengan manfaat, bukan dengan produk. Kalau ada tokoh atau customer yang puas dengan produk Anda, cantumkan testimoninya. Ini akan memperbesar customer lain untuk beli produk Anda.
Saya akan bahas Bagaimana cara kita MENDAPATKAN CUSTOMER. Tujuannya yaitu biar banyak orang yang TAHU dan BELI produk kita. Tujuan lain dari Getting Customer ini yaitu mengubah SUSPEK jadi PROSPEK, kemudian mengubah PROSPEK jadi BUYER.
SUSPEK → PROSPEK → BUYER
• Suspek yaitu mereka yang tidak tahu sama sekali wacana produk kita, tapi menjadi sasaran market kita.
• Prospek yaitu mereka yang sudah tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, tapi BELUM BELI.
• Buyer adalah mereka yang tahu produk kita, tertarik dengan produk kita, butuh dengan produk kita, dan BELI untuk yang pertama kalinya.
Dalam bahasan kali ini, untuk mempermudah pemahaman, Saya akan mengubah kata “BUYER” menjadi “FIRST CUSTOMER”. Ada banyak cara bagaimana kita sanggup mendapatkan first customer. Diantara banyak cara tersebut, Saya akan bagikan 9 yang sanggup eksklusif Anda praktekkan dalam bisnis Anda, diantaranya:
1. ADVERTISING (Iklan)
Bagi Anda yang kelebihan uang, Anda sanggup gunakan seni administrasi ini untuk mendapatkan first customer. Kenapa Saya katakan kelebihan uang? Karena biasanya untuk beriklan kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.
Sedangkan sebagai pengusaha, kita ingin biar biaya marketing sekecil-kecilnya, efeksebesar-besarnya. Betul? Itulah yang disebut biaya akuisisi.
Biaya akuisisi yaitu biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan satu customer baru. Misalnya, biaya marketing Anda Rp 1.000.000.
Melalui iklan yang Anda gunakan, sehabis diukur ternyata hanya menghasilkan 4 first customer. Artinya, biaya akuisisi Anda yaitu Rp 250.000. Paham? Itulah biaya akuisisi.
Dalam beriklan, biaya akuisisi Anda biasanya akan membengkak. Karena Anda harus mengeluarkan uang untuk jasa iklan, yang terkadang iklan tersebut belum tentu berdampak pada penjualan.
Betul tidak? Tapi walaupun begitu, bagi Anda yang sudah jago dalam menciptakan konten iklan, dan mempunyai cukup uang, lakukanlah seni administrasi ini. INGAT! iklan yaitu INVESTASI. Maka kuncinya yaitu TES dan UKUR. Kalau memang menghasilakn maka LANJUTKAN, namun kalau tidak berdampak
TINGGALKAN.
Anda sanggup beriklan di beberapa media, di antaranya adalah:
• Koran lokal,
• Koran harian,
• Televisi,
• Radio,
• Majalah, dll.
Apa saja yang harus Anda perhatikan dalam beriklan?
A. COPYWRITING
Suatu bentuk kesatuan berupa goresan pena yang sanggup pertanda atau menjelaskan produkatau jasa yang Anda tawarkan.
B. HEADLINE
Merupakan salah satu faktor TERPENTING biar iklan Anda sanggup menarik dan memperlihatkan hasil yang optimal. Headline yang baik bukan yang fokus pada produk, tapi fokus pada benefit/value yang diberikan produk.
Bayangkan ada pedagang asongan yang teriak-teriak di jalan, “Koran, koran, koran!” “Koran, koran, koran!” “Koran, koran, koran!” Dan ada satu pedagang lagi berteriak, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”, “Berita baru, Anas jadi digantung di Monas”.
Mana yang lebih menarik? Dan mana kira-kira koran yang lebih laku?
2. BROSUR
Brosur ini paling baik dipakai sebagai ALAT BANTU PENJUALAN. Kenapa? Karena sebagian besar orang hanya akan memandangi gambarnya kemudian membuang brosur itu. Mungkin Anda pun ketika mendapatkan brosur akan melaksanakan hal demikian.
Betul? Kecuali topik utama brosur Anda menarik dan memang membutuhkan keputusan yang besar (seperti bisnis jual mobil, rumah, investasi, dll), brosur sanggup menjadi semacam penunjang atau alat bantu yang Anda butuhkan selama proses penjualan produk tersebut.
Pesan Saya sih, jangan jadikan brosur sebagai rujukan Anda dalam menjual. Brosur hanya alat bantu.
3. INTERNET/WEB/SOCIAL MEDIA
Tidak perlu ditanya lagi, di kala isu ini, mendapatkan first customer dari internet/web/social media sudah hal biasa. Bahkan, dikala ini bisnis-bisnis lebih ulet dalam melaksanakan promosi lewat internet daripada konvensional. Inipun harus Anda lakukan.
Bagaimana caranya? Saya tidak akan membahasnya
disini, hehehe... Satu hal yang harus Anda pahami bahwa psikologi customer disaat melaksanakan promosi offline dan online itu BERBEDA. Belajarlah pada ahlinya dalam melaksanakan pemasaran lewat online.
4. DISTRIBUTOR/AGEN
Disini Anda secara selektif membiarkan produk atau jasa Anda dijual atau dikirimkan melalui individu atau bisnis lain. Cara ini sanggup menjadi cara yang cepat memasarkan produk Anda di tingkat nasional. Tetapi semuanya bergantung pada reputasi distributor atau agen.
Jika mereka melaksanakan kesalahan kepada customer ketika menjual produk Anda, maka Andalah yang kena dampak jeleknya.
Tips :
• Periksa reputasi mereka
• Pastikan win win solution, atau saling menguntungkan
• Periksa apakah mereka mendistribusikan produk yang ibarat yang
mungkin menjadi pesaing Anda
• Tawarkan insentif yang besar untuk mendorong motvasi mereka
5.TELEMARKETING
Ini yaitu cara yang hebat untuk mengatur kesepakatan dan mendapatkan first customer. Pastikan Anda menelepon daftar orang-orang yang akan tertarik (prospek). Pekerjakan orang yang mempunyai bunyi erat dan hening di telepon. Jika mungkin, buatlah script yang sanggup menarik orang.
6. MENULIS BUKU/ E-BOOK
Ini cara yang cepat membangun dapat dipercaya dan sekaligus bersenang - senang. Tokoh-tokoh pengusaha yang sukses dikala ini, contohnya Rangga Umara (owner Pecel Lele Lela), punya buku berjudul DREAM BOOK.
Reza Nurhilman (owner Maicih), punya buku berjudul REVOLUSI PEDAS. Mas Mono (owner Ayam Bakar Mas Mono), punya buku berjudul SEDEKAH DIANTAR. Saptuari Sugiharto
(owner Kedai Digital), punya buku berjudul TWEET SADIZ BIKIN MRINGIS.
Dan masih banyak lagi para pengusaha yang untuk meleverage bisnisnya dengan cara menulis buku. Kalau Saya sementara masih nulis E-Book dulu, hehehe…
7. SEMINAR DAN KEGIATAN
Mengadakan seminar GRATIS atau berbayar yaitu cara yang luar biasa untuk mengumpulkan prospek Anda sekaligus. Tentu saja, hal ini hanya cocok untuk sebagian kecil bisnis, terutama yang mempunyai produk atau jasa informasi.
Promokan seminar, kemudian tindaklanjuti para pesertanya. Supaya seminar ini berdampak luar biasa, Saya sarankan datangkan pembicara yang manis dan menarik untuk menarik first customer.
Pastikan pula tempatnya nyaman. Dan ingat, Anda jangan hanya menjual, tapi juga HARUS memperlihatkan isu yang berkhasiat bagi peserta.
8. WOM (Word of Mouth)
WOM yaitu seni administrasi yang paling ampuh dalam mendapatkan first customer. Apa laba pakai WOM? Pertama, MUDAH. Anda nggak perlu hafal konsep marketing yang rumit. Cukup ingat TPS (Talking – Promoting – Selling).
Pokoknya, kalau mau bisnis sukses, pastikan banyak yang tidak sekedar membicarakan, tapi juga mempromosikan, dan menjual. Dan ini akan dilakukan oleh customer Anda sendiri. Kedua, MURAH. Anda nggak perlu banyak keluar uang, bahkan sanggup GRATIS.
Ketiga, ALAMIAH. Kalo produk dan pelayanan bisnis Anda manis dan memuaskan customer, secara alami customer Anda PASTI akan membicarakan produk Anda ke orang lain. Karenanya, buat sesuatu yang sanggup jadi materi pembicaraan.
Misal:
• Nasi Goreng dengan penawaran menarik “Khusus Ibu Hamil Makan Gratis”
• Warung Pecel Lele Lela memperlihatkan penawaran menarik berupa “Yang Namanya Lela Boleh Makan Gratis Seumur Hidup”
• Warung Steak memperlihatkan penawaran menarik berupa “Yang Ulang Tahun Hari Ini Boleh Makan Sepuasnya”
• Toko sepatu memperlihatkan penawaran menarik berupa “Buy One Get One”
Hal-hal ibarat ini kalau produk dan pelayanannya manis akan jadi bahan
pembicaraan dan berefek WOM.
9. COMMUNITY
Kenapa komunitas?Karena disitu sudah berkumpul banyak orang yang mempunyai minat yang sama. Karenanya bergabunglah dengan komunitas - komunitas yang mempunyai minat yang sama. Sesuai dengan value produk Anda.
Jika 9 hal di atas yaitu seni administrasi yang sanggup Anda gunakan untuk mendapatkan first customer, maka ini yaitu 3 hal yang akan memperbesar tingkat closing-nya:
1. Jaminan tertulis
Anda menciptakan jaminan yang menjawab kekhawatiran utama customer yang membeli dari Anda. Tentukan hal-hal yang ditakutkan customer ketika membeli dari Anda, dan JAMIN kalau hal tersebut tidak akan terjadi. Kalaupun itu terjadi, tawarkan uang penggantian, atau perbaiki yang salah.
2. Tentukan keunikan Anda
Kalau tidak ada hal yang berbeda dari bisnis Anda, orang hanya membeli dari Anda sebab akomodasi atau harga, tidak lebih dari itu.
3. Cetak daftar manfaat dan testimoni
Cetak daftar manfaat dari produk yang Anda jual. Edukasi customer dengan manfaat, bukan dengan produk. Kalau ada tokoh atau customer yang puas dengan produk Anda, cantumkan testimoninya. Ini akan memperbesar customer lain untuk beli produk Anda.
0 Response to "9 Cara Menarik Pelanggan Banyak Biar Membeli Produk Kita"
Post a Comment